Thursday, January 11, 2007

Info : Hubungan antara Manajemen Vs Karyawan by GYRO Way

GYRO Way adalah suatu alat untuk mengukur perubahan organisasiberkaian dengan hubungan antara manajemen dan karyawan. Kategorimanajemen (positif dan negatif) dihubungkan dengan kategori karyawan(positif dan negatif). Hubungan itu dapat dipetakan ke dalam kuadran GYRO (Green, Yellow, Red, Orange), sebagai berikut:

Green = Kuadran I = Manajemen (Positif) dan Karyawan (Positif),merupakan hubungan yang harmonis (kondisi ideal). Dalam skenario ini(Green), karyawan memiliki kesempatan untuk membuktikan dan ketikakaryawan itu telah membuktikan, maka Manajemen senang akan kinerjakaryawan. Dalam hal ini karyawan akan berpikir bahwa manajemen telahmemberikan kesempatan, mendukung, dan memberikan kompensasi (rewardand recognition yang tepat.

Yellow = Kuadran II = Manajemen memandang NEGATIF terhadap karyawan(Manajemen negatif) tetapi Karyawan mmandang POSITIF terhadapmanajemen. Dalam skenario ini (Yellow), manajemen berpikir bahwa iatelah memberikan kesempatan,pelatiha n dan kompensasi yang cukup,tetapi karyawan belum membuktikan kinerja mereka. Bagaimanapun,karyawan tidak "merasa" bahwa manajemen sedang berpikir negatifterhadap karyawan. karyawan masih berpikir positif tehadap manajemen.Masalah komunikasi dan penetapan sistem manajemen kinerja yang tepatakan mengubah arah perusahaan dari Yellow menjadi Green. Jika tidakakan membawa kondisi perusahaan ke arah RED.

Red = Kuadran III = Manajemen berpikir NEGATIF tentang karyawan,demikian pula Karyawan berpikir NEGATIF terhadap manajemen. Ada salingcuriga antara manajemen dan karyawan! Manajemen menganggap bahwaperusahaan telah memberikan kesempatan dan kompensasi yang cukuptetapi karyawan tidak menunjukkan prestasi yang memuaskan, sebaliknyakaryawan berpikir bahwa mereka belum menerima kesempatan dankompensasi yang sebanding dengan pekerjaannya. Tampaknya hubunganantara manajemen dan buruh di banyak perusahaan Indonesia berada dalamarea RED, sehingga muncul banyak aksi demo dan pemogokan buruh!

Orange = Kuadran IV = Manajemen memandang POSITIF terhadap karyawan,tetapi Karyawan memandang NEGATIF terhadap manajemen. Dalam skenarioini, manajemen berpikir bahwa karyawan telah diberikan kesempatan dankompensasi yang cukup untuk bekerja dengan baik, tetapi karyawanberpikir bahwa apa yang diberikan oleh manajemen itu belum cukup untukmemotivasi karyawan agar berprestasi. Hubungan dalam area atau kuadranORANGE ini juga masih banyak dijumpai dalam perusahaan-perusaha anIndonesia.

Mengetahui GYRO Way di atas, maka arah perusahaan harus ditujukan kedaerah GREEN. Pelatihan, komunikasi visual, penetapan sistem manajemenkinerja beserta reward and recognition yang jelas akan membawahubungan manajemen dan karyawan ke arah GREEN!

Tulisan ini diambil dari milis APICS ditulis oleh Mr. Vincents

No comments: