Tuesday, January 23, 2007

Seminar : The Mistery of HUMAN TOUCH

Hari Selasa 16 Jan 2007 saya mengikuti acara seminar di Surabaya dengan pembicara utama Gede Prama. Tema yang diambil cukup menarik, yaitu bagaimana kita melakukan hubungan antar manusia, antara atasan dan karyawan kita dengan sentuhan kemanusiaan ( Human Touch ). Isi seminar cukup menarik dan bisa saya ambil beberapa pelajaran.

Orientasi ke pendekatan manusia ( = "bagaimana kita diperlakukan dan memperlakukan sebagai manusia") menurut penelitian menempati porsi sekitar 70%.
Ada kata-kata menarik sebagai berikut :

Apa yang kita dengar mudah untuk dilupakan, apa yang kita lihat hanya sebagian yang kita ingat, namun apa yang kita lakukan dengan CINTA akan membuat orang MUDAH TERSENTUH.

Lebih dari itu cinta adalah akar kehidupan yang kokoh yang dapat menciptakan manusia menjadi sosok yang tahan bantingan. Sosok yang tidak mudah dipermainkan oleh perasaan-perasaan sesaat.

Dalam kehidupan, cinta dapat terekam baik oleh MATA dibandingkan indra kita yang lain. Melalui mata masuk dalam relung hati.

4 Sikap yang dapat menimbulkan Sentuhan:

1. Tidak ada manusia yang bernama MUSUH, yang ada hanyalah guru-guru tersembunyi

Hinaan, cercaan, makian yang datang pada kita dari orang lain adalah GURU BESAR yang mengajarkan akan pentingnya KESABARAN.
Penderitaan, sakit, deraan, adalah GURU BESAR yang mengajarkan agar kita lebih BERSYUKUR. Kita harus berterimakasih pada guru-guru yang tersembunyi tersebut.

2. Sadar bahwa ancaman merupakan PELUANG yang tersembunyi.

Pada dasarnya peluang yang muncul adalah BUAH dari pengendalian diri kita. Pengendalian diri yang mengajarkan jiwa untuk berdamai, karena jiwa yang damai dapat menemukan cahayanya sendiri dan dari sinilah kita dapat menjawab semua permasalahan yang ada.

3. Percaya bahwa alam semesta beserta isinya tercipta secara adil dan seimbang.

Dengan demikian akan memunculkan sikap tidak ada satu kejadianpun yang layak disesali apalagi ditangisi

4. Teruslah MEMBERI dan MEMBERI, karena dengan memberi kita menciptakan kehidupan yang tidak saja menyentuh, tapi juga dikenang.

Kadang kita akan dianggap aneh sebagai orang yang senantiasa memberi tanpa berharap mendapatkan imbalan. Namun Kuasa Sang Cinta sangatlah adil. Ia kerap datang disaat - saat yang tidak terduga.


4 Cahaya ( Inner Light ) yang dapat menimbulkan sentuhan :

1. Cahaya - Spirit Menyayangi, Mengasuh bagaikan Seorang IBU kepada anaknya ( Mother - Spirit of Nurturing )

Ibu adalah guru pertama manusia. Cintanya telah dibuktikan dengan mempertaruhkan jiwa raganya. Dengan kata lain , siapa yang dapat membangunkan the spirit of Nurturing ala sang IBU, ia bisa menyentuh dengan mudah

2. Cahaya - Adanya anggapan dalam diri bahwa semua yang dikirim adalah pembimbing kehidupan ( focus on the message ).

Kita adalah ibarat musafir yang dibuat jadi matang melalui apa-apa yang kita alami. Setiap pengalaman ( baik ataupun buruk ) semua dikirim dari tempat yang tak terbayangkan untuk menjadi guru, pembimbing, dan ibu kehidupan

3. Cahaya - Bangunlah tempat SUCI dalam diri kita melalui perbuatan, pikiran, dan perkataan.

Karena Perbuatan, Pikiran, dan Perkataan adalah bahan-bahan utama kehidupan darimana jiwa berasal, dan kemana jiwa pulang. Jiwa manapun yang sampai disana ia MENYENTUH.

4. Cahaya - Adanya TUHAN di dalam diri

Ini berarti, tidak saja sumber sentuhan berasal dari dalam, bahkan yang MAHA SEMPURNA-pun ada di sana

Kekuatan CINTA yang ada dalam diri kita begitu besar jika kita menyadarinya dan mau untuk membangkitkannya.

Cahayanya lambat laun akan meredup jika selaput yang menutupinya tidak segera kita sibak : Selaput kebencian, kemarahan, ketakutan, dan egois.

Thanks..




No comments: