Monday, January 01, 2007

Inspirasi : Kreativitas

Dalam bukunya yang berjudul Creativity in Business, Carol Kinsey Goman, PhD menulis, suatu ketika di kolom believe it or not terbitan milik Ripleys muncul tulisan: “jika sebatang besi dijual seharga 5 dolar, jika anda menempa besi itu menjadi sepatu kuda nilainya meningkat jadi 10,5 dolar.
Jika besi itu dibuat jarum nilainya berlipat jadi 32,85 dolar, jika membuat per pegas jam tangan dari besi itu maka nilainya melonjak menjadi 250.000 dolar. Nah, perbedaan antara 5 dolar dengan 250.000 dolar itulah yang disebut kreativitas”.

Terkadang orang beranggapan kreativitas adalah berkah yang turun dari langit untuk orang tertentu. Kenyataannya terkadang kreativitas bisa muncul karena seringnya sebuat pekerjaan yang terus ditekuni dan diperdalam. Contohnya, seorang perancang busana bernama Yohanes Bridal asal Jakarta. Awalnya jarang yang mendengar namanya. Karyanya waktu dulu berkesan biasa saja. Namun ketika sentuhan kreativitas mulai diperlihatkan pria berkacamata ini, namanya menjadi meroket.
Dia membuat baju kebaya berbahan biji buah asam yang dirangkai. Juga membuat gaun pesanan penyanyi dangdut Annisa Bahar berbahan dari duri ikan yang dipakai saat pernikahan.
Siapa menyangka biji asam dan duri ikan yang bila dijual saja terkadang tak laku, di tangan kreatifnya menjelma menjadi karya fashion yang berharga ratusan juta rupiah.
Hikmah yang bisa dipetik dari pengalaman Yohanes Bridal adalah apapun pekerjaannya, jika ditekuni dan diberi sentuhan kreativitas mungkin akan lebih bermanfaat dikemudian hari. So… let’s be creative.
Note : Kiriman seorang kawan baik
Comment : Semoga dapat jadi inspirasi

No comments: