Wednesday, March 11, 2009

Inspirasi : Menjadi orang yang Proaktif

Orang proaktif adalah orang yang senantiasa memperluas lingkaran pengaruhnya kepada orang lain. Untuk itu dalam situasi yang dihadapi hanya ada satu pertanyaan yang diajukannya, yaitu "What" ( Apa ). " Apa yang dapat saya lakukan dalam situasi ini?".
Dengan mengajukan pertanyaan seperti itu sesering mungkin, maka kita akan bergerak maju dan memperbesar lingkaran pengaruh kita.

Berbeda dengan orang yang reaktif, cirinya adalah pertanyaan yang diajukan berawalan "Why" ( Mengapa ).
Ini seperti dalam buku "Who moved my Cheese" yang terkenal itu. Pada suatu pagi kedua ekor tikus Sniff dan Scurry tidak menemukan keju ditempat biasa. Tapi mereka tidak pusing, karena mengajukan pertanyaan berawalan "what". "Apa yang bisa kita lakukan sekarang". Tanpa banyak cincong mereka langsung mencari keju ditempat yang baru. Tapi tidak demikian halnya dengan kedua orang kurcaci kita. Mereka saling menyalahkan dan mengajukan pertanyaan berawalan "Why". Mengapa hal ini terjadi?", "Mengapa kamu tidak memperhatikan bahwa cadangan keju kita telah lama menipis?", "Mengapa ada orang yang begitu jahat dan ingin mempermainkan kita?".

Berhari-hari mereka menganalisa permasalahan ini, akhirnya mereka kelaparan karena tidak berhasil menemukan keju yang dicari. Bagaimana dengan 2 tikus itu? Ternyata, mereka sudah tambah gemuk, karena kekenyangan makan keju.

Dari ilustrasi diatas, kalau kita membiasakan mengajukan pertanyaan dengan "what" berarti membiasakan otak kita bekerja untuk mencari solusinya. Kita juga membiasakan untuk berpikir realistis dan tidak neko-neko.
Seandainya kita punya atasan yang mau menang sendiri, apa yang terjadi kalau kita bertanya dengan "Why",., tentunya kita akan makin tak berdaya dan frustasi. Tapi cobalah tanyakan "What", Apa yang dapat kita lakukan dalam situasi ini agar tetap bisa menikmati hari-hari di kantor?". Tentunya dengan cara ini, ide-ide kreatif kita akan muncul , dan bila kita melaksanakan ide-ide itu secara tulus dan konsisten, suatu ketika kita dapat mengubah perilaku atasan kita tersebut.

Suatu Perubahan yang Besar Senantiasa bermula dari hal-hal yang kecil.

Sidomulyo, March. 11.2009, 11.55 am ( Nggak masuk kerja karena mata lagi sakit ...)

No comments: