Tuesday, July 03, 2007

4 Pedoman Menjaga Kualitas Kerja

Ada empat hal yang bisa menjadi pedoman bagi para pekerja untuk tetap sehat dan produktif, menurut Indayati Oetomo, pakar pengembangan kepribadian John Robert Powers. Empat hal tersebut yakni hasrat bekerja, kualitas waktu, menjalin jejaring, dan keinginan bersaing. “Keempatnya adalah bagian tak terpisahkan untuk memacu produktivitas,” tegas Indayati.

Bekerja sangat membutuhkan hasrat karena hal tersebut berarti bekerja dengan cinta. Tanpa itu, pekerjaan justru membuat mental sakit akibat perasaan tertekan dan terbebani. Motivasi dan tujuan yang jelas diperlukan untuk memacu hasrat bekerja, termasuk lingkungan kerja yang mendukung.
Selain bekerja, juga dibutuhkan waktu untuk memanjakan diri dan menyuntikkan kembali semangat baru. Dibutuhkan kualitas waktu dengan cara memanajemen waktu seefektif mungkin agar kehidupan di luar pekerjaan tak terampas.

“Jangan hanya berkutat dengan pekerjaan dan lingkungan kantor. Di luar kesibukan bekerja, milikilah kegiatan yang memungkinkan Anda bersosialisasi dan mendapat teman diskusi untuk menambah wawasan dan menguji ide-ide Anda,” sarannya.

Bagaimanapun, bekerja butuh semangat persaingan. Jangan terlena dengan zona nyaman yang Anda jalani sekarang, dan tetapkan target-target baru dalam karier Anda yang mampu memicu ide-ide kreatif baru muncul.

No comments: