Tuesday, July 03, 2007

GIGIH ALA NYOMAN LONDEN

Prepared by : “The Seven Doors”

Pengusaha sekaligus motivator yang satu ini memang layak mendapat julukan “Mr. GIGIH”, tidak hanya karena semangatnya yang menyala-nyala tetapi juga karena memang perjalanan hidupnya mengisyaratkan kegigihan yang luar biasa. Dibesarkan dalam keluarga yang cukup melarat, Nyoman Londen memang harus bertarung sangat keras dengan kehidupan. Meskipun demikian bukan kisah hidup Nyoman Londen yang akan kita bahas saat ini, melainkan salah satu tips, atau lebih tepatnya konsep yang seringkali beliau kumandangkan dalam setiap seminar. Konsep tersebut adalah “GIGIH”. Kata GIGIH disini ternyata memiliki arti yang mendalam, kata GIGIH juga saat ini banyak mengispirasi banyak orang.

G = Gagasan
I = Inputan
G = Gerakan
I = Ibadah
H = Hati Nurani

Gagasan
Diperlukan untuk memulai segala sesuatu. Gagasan merupakan cikal bakal lahirnya hal-hal besar.

Inputan
Inputan yang dimaksud dalam hal ini ada bagaimana kita belajar, mengumpulkan segenap informasi, knowledge atau pengalaman dari berbagai sumber, yang berhubungan dengan gagasan tersebut.

Gerakan
Bahasa kerennya Action ! Hanya sekedar Gagasan dan Inputan, hanya akan membuat kita bermain dalam level teori saja. Berteori, berteori dan sekedar berteori. Step selanjutnya yang biasanya mengandung unsur resiko ada Gerakan. Lewat gerakan atau Action kedua hal pertama akan disempurnakan.

Ibadah
Hal ketiga adalah ibadah. Elemen keempat ini tidak kalah pentingnya. Dengan Ibadah, berarti kita mengembalikan segala sesuatu kepada Sang Khalik. Lewat Ibadah pula, kekuatan kita akan berlipat ganda. Selain itu ibadah mempunyai satu point yang sangat krusial yaitu berperan untuk menyucikan motivasi kita, ini penting karena tanpa ibadah, kesuksesan kita hanyalah sekedar jerat duniawi belaka.

Hati Nurani
Tetapi segalanya tidak berhenti begitu saja, hati nurani adalah motor penggerak kita untuk mewujudkan gagasan tersebut. Dari sisi ini, ketulusan dan keiklasan adalah modal utama kita.

Sekarang kelima elemen GIGIH lengkap sudah. Bila kita sungguh-sungguh menghayatinya, niscaya apapun cita-cita kita, entah profesional ataupun enterpreneur, pasti akan terwujud.

Bersama pasti kita bisa, dengan satu langkah pasti. GIGIH !!!

No comments: