Tuesday, February 27, 2007

FOOD TECHNOLOGY :TRANS FAT FREE , INGREDIENT FOR HEALTHY LIVING




Dari sudut konsumen, tidak bisa dipungkiri bahwa lemak dan minyak merupakan bagian penting dari diet yang sehat. Dari sudut industri, lemak dan minyak juga merupakan ingridien penting dalam formulasi produk pangan yang bermutu dan memenuhi tuntutan kesehatan konsumennya.

Namun demikian, seiring dengan peningkatan kesadaran konsumen mengenai hubungan antara pangan, gizi dan kesehatan; lemak dan minyak sering kali mempunyai citra yang kurang baik bagi kesehatan. Hal ini terutama berhubungan dengan ketakutan berlebihan konsumen–ditambah dengan kurangnya pemahaman atas lemak; sehingga cenderung konsumen berusaha untuk menghindari lemak dan minyak.

Isu mengenai lemak trans (trans fat) adalah contohnya. Saat ini, lemak yang telah mengalami proses hidrogenasi, khususnya hidrogenasi parsial, banyak digunakan dalam formulasi produk pangan; khususnya produk bakery, pangan gorengan (fried foods), penyalut salad (salad dressing), krim, dan lain-lain. Dengan semakin diketahuinya efek negatif lemak trans bagi kesehatan dan diberlakukannya peraturan pelabelan lemak trans oleh US-FDA sejak Januari 2006, maka upaya mencari alternatif lemak yang bebas lemak trans menjadi topik yang hangat dibicarakan.

Contoh lain adalah isu mengenai lemak jenuh. Pengelompokan minyak/lemak menjadi lemak jenuh dan tidak jenuh merupakan simplifikasi yang bisa menyesatkan. Tidak semua lemak jenuh berperilaku sama, demikian juga tidak semua lemak tidak jenuh. Salah satu lemak jenuh yang mempunyai karakteristik unik dan positif bagi kesehatan adalah Medium Chain Triglycerides (MCT), lemak yang struktur kandungannya telah dimodifikasi sehingga menghasilkan satu jenis lemak baru dengan kandungannya hampir seluruhnya asam lemak jenuh berantai sedang (MCFA-Medium Chain Fatty Acid). Minyak MCT dalam aspek gizi mempunyai manfaat nutrisi yang unggul, mampu menghasilkan energi secara cepat dan efisien sekaligus efektif sebagai pelarut vitamin larut lemak. Untuk industri pangan MCT dapat dimanfaatkan secara luas dalam berbagai industri pangan

No comments: