Monday, October 16, 2006

Kenali Isi Desktop PC

Kebutuhan terhadap komputer desktop hampir-hampir menjadi kebutuhan yang mutlak bagi setiap rumah tangga. Saat ini ada beragam jenis komputer desktop. Mulai komputer rakitan dengan harga Rp 4 jutaan hingga komputer edisi terbatas khusus untuk para gamer yang harganya mencapai US$ 10 ribu atau Rp 92 juta.
Namun, sebelum memilih komputer desktop, ada baiknya Anda mengenal lebih jauh komponen-komponen utama komputer desktop sebagai berikut.

Prosesor
Prosesor, atau lengkapnya mikroprosesor, adalah otak dari sistem komputer. Ia bertugas mengolah dan memproses seluruh operasi komputer, baik operasi logika, aritmetika, hubungan antarperangkat, maupun sistem kontrolnya.
Ada dua merek prosesor yang dipakai secara luas di pasar, yaitu Intel dan AMD. Keduanya sudah menyediakan prosesor yang memiliki inti ganda (dual core) yang lebih cepat. Bahkan tahun depan keduanya bakal merilis prosesor dengan empat inti (quad core).
Untuk Anda yang mempunyai bujet terbatas, Anda bisa memilih prosesor CPU dengan kecepatan 2,4-3,0 gigahertz (GHz), sementara untuk kelas menengah 2,8-3,2 GHz, dan untuk prosesor canggih kecepatannya paling tidak 3.4 GHz.

Memori (RAM)
Random Access Memory (RAM) adalah komponen memori yang bertugas menyimpan program serta data yang hendak diolah oleh pengguna. Ia berbeda dengan Read Only Memory yang menyimpan program permanen untuk menjalankan sistem komputer.
Kapasitas RAM sangat penting, karena bila memori tidak cukup, komputer tak bisa bekerja secara optimal. Saat ini minimal Anda harus menggunakan RAM sebesar 512 megabita (MB), bahkan bagi komputer bujet hemat sekalipun. Untuk menunjang kinerja yang lebih baik, sebaiknya komputer menggunakan RAM sebesar 1 gigabita (GB).
Jenis memori yang dipakai secara luas saat ini adalah Double Data Rate (DDR), yang bisa melakukan transfer data lebih cepat dari single data rate, atau DDR2 yang memiliki kecepatan clock lebih tinggi dari DDR.

Hard Drive
Hard drive atau hard disk adalah media penyimpanan besar yang terpasang secara permanen pada komputer. Gunakan setidaknya hard drive berkapasitas 80 GB dan berkecepatan putar 7.200 rpm (rotasi per menit), walaupun saat ini sudah ada yang berkecepatan 1.500 rpm.
Drive Optik
Pembakar DVD berguna untuk membaca sekaligus menulis data pada cakram DVD. Sebaiknya Anda menggunakan pembakar DVD multiformat berkecepatan 16x, dan Dual/ Double Layer, untuk cakram berkapasitas lebih banyak. Atau paling tidak sediakan CD-RW/DVD combo drive berkecepatan 24x, untuk penyimpanan CD sekaligus pemutar DVD.

Kartu Video/Grafik
Kartu grafik/video adalah perangkat yang mempengaruhi tampilan gambar pada monitor. Dengan kartu grafik yang baik, kualitas tampilan di layar akan lebih halus, tajam, dan akurat. Pilihlah kartu grafik yang mendukung DirectX 9 (aplikasi antarmuka untuk multimedia) dan paling tidak memiliki memori sebesar 128 MB.

Monitor
Tanpa monitor, komputer tak bisa berfungsi apa-apa. Bahkan, tanpa monitor yang bagus, kartu grafis sebaik apa pun tak akan berpengaruh. Anda bisa memilih monitor tabung (cathode ray tube/CRT) atau monitor tipis liquid crystal display (LCD). CRT murah tapi boros tempat, sementara LCD lebih tipis walaupun lebih mahal. Namun, LCD juga memiliki berbagai keterbatasan bila dibandingkan dengan tabung CRT. Ia, antara lain, tak bisa menampilkan gambar dengan berbagai resolusi, memiliki waktu respons yang lebih lambat, memiliki sudut pandang yang lebih terbatas, dan tentu saja lebih ringkih.

( dari Korantempo.Oct.15.2006)

No comments: