Saturday, October 14, 2006

Mengenal Metode Competency Based Interview

Sampai saat ini wawancara masih menjadi salah satu metode seleksi yang paling disukai oleh para praktisi HRD di Indonesia. Belakangan ini telah berkembang suatu metode wawancara yang makin meluas penggunaannya di kalangan perusahaan terkemuka di Indonesia, yaitu Behavioral and Competency Based Interview.

Metode ini bertujuan untuk menggali kompetensi pelamar di suatu bidang berdasarkan asumsi bahwa perilaku seseorang di masa lalu bisa memprediksikan perilakunya di masa depan. Metode ini biasanya lebih banyak digunakan untuk menyeleksi kandidat yang telah berpengalaman kerja. Dalam metode ini kompetensi kandidat akan dinilai dari jawaban yang diberikannya terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh si pewawancara yang akan mencakup 4 hal penting menyangkut STAR:
Situation (situasi yang dihadapi kandidat)Task (tugas yang dibebankan kepada kandidat)Action (tindakan yang diambil kandidat)Result (hasil/perubahan yang terjadi akibat dari tindakan yang telah dilakukan)

Anda boleh menduga bahwa wawancara yang tengah Anda hadapi menggunakan metode ini bila pertanyaan yang diajukan pada Anda bersifat terstruktur, mengarah langsung pada suatu kompetensi dan kurang lebih isinya sebagai berikut:

Bisa Anda berikan suatu contoh situasi yang pernah Anda alami ketika ... ?""Ceritakan kejadian yang pernah Anda hadapi, di mana Anda diminta untuk melakukan ...""Pada waktu itu, apa yang Anda lakukan?"

Lalu apa yang perlu dilakukan agar bisa lolos dari wawancara yang menggunakan metode ini? Jawabnya sekali lagi adalah PERSIAPAN:
1. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kompetensi yang paling mungkin dibutuhkan untuk menjabat posisi yang Anda lamar.
2. Lakukan sedikit renungan kilas balik untuk menelusuri hal-hal yang sudah Anda lakukan di tempat kerja sekarang atau sebelumnya (tugas dan konteks situasi yang pernah Anda hadapi, hambatan yang ada, tindakan apa yang Anda lakukan dan apa hasil yang telah Anda capai).
3. Bila perlu, buat catatan ringkas mengenai semua kompetensi yang Anda miliki, lengkap dengan contoh nyata yang pernah Anda alami.

( Kiriman dari karir.com )

No comments: