Tuesday, August 14, 2007

OTOMOTIF : 15 Menit Untuk TARUNA Tercinta

Selamat pagi semua..

Hari ini saya coba ulas tips PENGECHEKAN RUTIN, yang dapet kita lakukan sendiri dirumah.

1. Pengechekkan Oli Mesin

Oli mesin adalah oli pelumas untuk pelumasan mesin taruna. Standard minimum yang ditetapkan adalah Mesran Super 20W50 dan jadwal pengatiannya adalah setiap kelipatan 5.000 km dan akan disertai penggantian oli filter setiap kelipatan 10.000 km. Nah dalam rentang waktu 5.000 km, apa yang kita pribadi perhatikan atau lakukan.. ???
a. Buatlah jadwal pengechekan rutin (sesuai dgn kesibukan pribadi).. mau mingguan atau 2 mingguan)...
b. Mencatat atau mengingat setiap hasil Pengechekan.

Apa sih yg dilakukan... ?

Untuk melihat "kuantitas atau Volume" oli mesin, dibagian sisi kanan mesin (kita menghadap ke mesin).. ada stick oli..

Bagaimana cara melihatnya ??
- Sebelum mesin distater : siapkan lap atau tissue, tarik stick indikator oli, bersihkan ujung stick, masukkan lagi dan tarik kembali... oli yg terbawa di posisi mana ??? ada diantara tanda garis atas dan bawah atau ada diluar tanda tersebut ? Jika ada diantara tanda tersebut, berarti "AMAN".. volume oli yg ada di masin aman. Jika berada diatas tanda atas, berarti volumenya kelebihan, yang berdampak pada kinerja mesin jadi berat dan kita menjadi orang yang "boros". Apabila berada dibawah tanda bawah.. berarti volume oli "kurang" untuk kebutuhan pelumasan mesin, akan berdampak.. suara mesin jadi kasar dan "dapat" menyebakan panas mesin berlebih dan mesin bisa "hancur". Hal yang harus diperhatikan adalah.. jika hari ini dichechk level oli di garis atas... ehhh minggu berikut berada ditengaha... dan minggu berikutnya udah deket-deket batas bawah... berarti ada indikasi : Kehilangan oli karena terbakar, bisa karena seal valve yg rusak atau ring piston yg sudah tidak berfungsi dgn baik.
Hal tersebut juga ditandai oleh adanya asap putih yg keluar dari ujung knalpot.

- Jika mesin terlanjur distater,... diamkan mesin sekitar 15 menit.. baru lakukan pengukuran seperti urutan diatas.

Pengurangan oli secara significant berarti ada kelainan pada mesin, tapi jika pengurangannya "TIDAK" significant, .. ini tergantung pada jenis oli yg digunakan, karena setiap type oli mempunyai spesifikasi tersendiri, yang salah satunya adalah tingkat penguapan. Selama pemakaian 5.000 km , pengurangan oli sampai 1 liter, masih dalam batas wajar... so disarankan, untuk di km 3.000 diperlukan penambahan sekitar 1/2 liter sampai 1 liter.

Nah selain kuantitas atau volume oli (yang secara tepat harus dilakukan pengukuran dgn bejana.. yaitu dgn cara oli dikeluarkan dan ditampung), kita dapat mengecheck "KUALITAS" oli... dengan cara : pegang oli tersebut dengan ibu jari dan jari telunjuk.. coba digesek-gesekkan.. jika ada "rasa" lengket.. berarti oli dalam keadaan baik.. kalau encer.. berarti oli sudah kehilangan fungsi pelumasannya.

Selain itu.. dari warna oli yg diujung stick, kita dapet juga memperhatikan warnanya...
- Jika kecoklatan .. berarti tidak tercampur dgn air
- Jika ada kecoklatan plus putih (atau coklat susu).. pertanda oli mesin tercampur dgn air. Nah ini harus dibawa kebengkel untuk diperiksa.. dimana terjadi kebocoran air ke ruang oli.


2. Pengechekan AIR atau Cairan
Di mesin kita ada beberapa air atau cairan :
a. Air atau cairan ACCU.... jika berada di antara level atas dan bawah .. AMAN, jika kurang ditambahakan air accu.. tapi jangan yg ZUUR. Tapi jangan juga melebihi batas level atas.. nanti akan tumpah saat pengisisn strom dan menyebabkan body yg keropos . Jika air accu kurang, bisa menyebabkan oksidai antara udara dengan sheel accu, sehingga akan mengakibatkan kemampuan shel dalam menyimpan strom berkurang.

b. Air Radiator.. yang diperiksa adalah yang di tabung reservoir air radiator, pastikan berada diantara level atas dan bawah. Jika berlebih akan tumpah, dan jika kurang akan "bisa" menyebabkan over heat.. karena kebutuhan air untuk proses pendinginan tidak dapet dipenuhi dari persedian air di reservoir tank.

c. Air Wiper .... pastikan tidak kosong.. biar kita tidak bingung kalau kaca depan atau belkang kotor.. eh air wiper habis..

3. Periksa volume oli rem ... nah ada disisi kiri yg nempel dibody ... bisa dilihat.. apakah dalam level aman.


semoga bermanfaat... hari ini cukup ini.. berikutnya akan saya kupas secara berlanjut....

salam

No comments: